6 Cara Menyesuaikan Diri Di Sekolah Baru


Momen pindah sekolah pernah dialami oleh kedua jagoan kecil saya pada awal semester tahun pelajaran 2023/2024. Pindah sekolah bisa jadi momen menyenangkan sekaligus menegangkan. Kamu harus tau cara menyesuaikan diri di sekolah baru, pengenalan, dan mulai beradaptasi dengan lingkungan, teman dan guru yang baru. Tentunya ini bukanlah hal mudah, namun jika percaya diri lambat laun perasaan asing akan hilang.

Awalnya saya sebagai orang tua merasa khawatir dengan penyesuaian baru yang dialami oleh kedua jagoan. Tempat tinggal dan sekolah yang baru. Saya bersama suami memberikan arahan dan nasihat kepada dua jagoan terhadap lingkungan yang baru mereka kenal. Beruntung dua jagoan kecil saya, bisa langsung menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Nah... apa saja yang perlu dipersiapkan saat berada di sekolah baru?

6 Cara Menyesuaikan Diri di Sekolah Baru

Kamu sedang berada di posisi demikian, baru pindah sekolah dan merasa canggung sebenarnya itu adalah hal wajar. Namun tidak bisa dibiarkan berlama-lama, harus segera diatasi agar dapat menyesuaikan diri di lingkungan baru. Coba lakukan hal-hal kecil berikut ini.

Menjadi Pribadi yang Ramah

Hal pertama yang saya ajarkan kepada dua jagoan adalah bersikap ramah dimanapun berada. Sebagai siswa baru, pasanglah wajah yang murah senyum kepada orang yang baru dikenal.

Sekolah baru artinya memulai pengalaman baru, jadikan hal tersebut untuk eksplor kemampuan diri lebih dalam lagi. Oleh karena itu pastinya kamu membutuhkan bantuan dari orang sekitar, Jadi pribadi yang ramah, menyenangkan bisa membantu mendapatkan lingkungan positif.

Perbanyak Senyum

Saling melempar senyum bisa menjadi salah satu cara awal dan paling mudah untuk mulai membangun hubungan pertemanan. Menjadi orang baru di suatu lingkungan asing memang bukanlah hal yang menyenangkan. Kamu harus berusaha ekstra untuk bisa masuk dan menyesuaikan diri di sekolah baru dan juga dalam komunitas apapun di tempat tersebut.

Cara ini sangat berguna bila tidak punya kenalan sama sekali di sekolah tersebut. Setelah itu barulah dekati mereka dengan santun dan ajak bicara dengan pembahasan topik Meski topik tidak runtut, asalkan nyambung tetaplah seru untuk dilakukan. Niscaya kamu bisa adaptasi dengan cepat

Saling Bertegur Sapa

Dengan menjadi pribadi yang ramah, akan terkesan bahwa kamu anak yang mempunyai kepribadian terbuka. Teman-teman baru akan mudah bertadangan menyapa dan ingin berkenalan denganmu. Jadi jika merasa diasingkan namun ingin segera akrab dengan kawan baru, jangan takut untuk menyapa lebih dulu ya.

Seperti yang dilakukan oleh si sulung. Pada hari pertama sekolah berbaris di lapangan. Dengan percaya dirinya, si sulung memberanikan diri bertanya kepada teman barunya. Dengan bertanya tersebut, si sulung sudah mendapatkan satu orang teman yang baru. 

Mulai melakukan komunikasi ringan dengan menanyakan siapa nama, alamat rumah, kampung dan sebagainya sehingga teman-teman baru yang lainnya ikut bergabung dalam komunikasi tersebut. Jangan ragu pula untuk ikut kegiatan seperti jajan atau hanya ngobrol. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan dalam menyesuaikan diri di sekolah baru.

Hormati Gurumu

Salah satu cara agar cepat menyesuaikan diri di sekolah baru adalah dengan menghormati guru. Sebagai siswa baru, kamu wajib menghormati guru. Dengan cara bersalaman Biasanya siswa yang akrab dengan guru akan mendapatkan reputasi baik, dengan begitu kamu bisa mudah menjalin hubungan pertemanan baik dengan kawan sekelas atau tingkat lebih tinggi.

Intinya jangan sampai berlebihan, karena sebagai murid baru tentu saja setiap gerak-gerik akan diawasi. Tak jarang Kamu akan merasa kikuk dan aneh. Namun hal tersebut tentu harus dilawan, jika memang ada yang ditanyakan bisa langsung konsultasikan saja dengan guru.

Mulai Kenali Pribadi Temanmu

Sebagai siswa pindahan, pastinya kamu akan melakukan komunikasi tegur sapa maupun basa-basi ringan dengan banyak orang. Maka dari itu, dalam menyesuaikan diri di sekolah baru, kamu harus bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengenali karakteristik dari setiap individu.

Dengan menyamakan karateristik lawan bicara akan membuat mereka cepat nyaman. Dengan begitu mereka akan mudah menerima kamu sebagai orang baru. Mengajak bersama-sama melakukan kebiasaan seperti jajan dan bermain bersama hingga akhirnya benar-benar sudah terbiasa.

Kenali Lingkungan Sekolahmu

Mengenal lingkungan sekolah adalah cara lain agar kamu mudah terbiasa dan akhirnya beradaptasi dengan cepat. Kamu bisa minta tolong kepada wali kelas, ketua kelas atau teman-teman. Minta tolong dengan sopan untuk menjelaskan setiap detail tempatnya.

Namun akan lebih baik lagi jika pengenalan dilakukan satu hari sebelum sekolah dimulai. Mulai mengenal dimana lokasi kelas, kantor, kantin, dan toilet di lingkungan sekolah. Inilah yang saya lakukan besama dua jagoan sehari sebelum sekolah dimulai. Ini adalah cerita dua jagoan kecil saya pindah sekolah. Bagaimana dengan cerita pindah sekolahmu?
Fide Baraguma
Fide Baraguma Ibu dari dua jagoan hebat yang mengabdi diperbatasan Sumatera Barat dan Jambi

Posting Komentar untuk "6 Cara Menyesuaikan Diri Di Sekolah Baru"