Orang Tua, Simak 7 Tips Memilih Sekolah untuk Si Kecil


Tips Memilih Sekolah untuk Si Kecil – Anda masih bingung dengan pendidikan Si Kecil, mau disekolahkan kemana?  Setiap orang tua pasti ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang bagus. Maka dari itu, memilih sekolah untuk Si Kecil memerlukan banyak pertimbangan.

Orang tua mana yang tidak ingin buah hatinya tumbuh dan berkembang pada sekolah yang mempunyai mutu dan kualitas yang mencetak generasi emas. Baik dari segi akademik maupun nonakademik yang memiliki pribadi yang berkarakter.

Tips Memilih Sekolah untuk Si Kecil

Memilih sekolah untuk Si Kecil dimulai dari pendidikan usia dini. Pendidikan dasar ini pun nantinya akan berpengaruh untuk masa depan anak. Berikut ini hal-hal yang harus pertimbangkan saat memilih sekolah untuk Si Kecil.

Jarak Sekolah

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih sekolah anak adalah lokasinya yang harus dekat dengan rumah. Orang tua mesti memikirkan jam berapa anak mesti bangun untuk berangkat ke sekolah jika jarak dari sekolah cukup jauh. Memilih sekolah yang dekat dari rumah bertujuan agar si kecil tidak menghabiskan energinya diperjalanan sehingga akan sulit untuk berkonsentrasi.

Berdasarkan hasil penelitian, jarak tempuh lebih dari 30 menit untuk sampai di sekolah akan sulit berkonsentrasi karena energinya sudah terkuras di jalan. Oleh sebab itu, orang tua harus memperhatikan jarak sekolah.

Fasilitas Sekolah

Hal kedua yang mesti diperhatikan yaitu fasilitas sekolah. Bagaimana dengan fasilitas yang terdapat pada sekolah tersebut? Apakah sesuai dengan kebutuhan Si Kecil?

Setiap sekolah memiliki kelengkapan kebutuhan seperti, ruang kelas yang nyaman, mainan edukatif, tempat bermain, pojok literasi, dan ruang musik.

Kuantitas dan Kualitas Pendidik

Hal ketiga adalah kuantitas dan kualitas pendidik. Orang tua yang selektif akan mempertanyakan riwayat pengalaman pendidik pada sekolah tersebut. Ini tidak terlepas dari bimbingan para pendidik untuk menemukan bakat peserta didiknya.

Jumlah pendidik dengan peserta didik mesti seimbang agar terciptanya perhatian dan ilmu yang diberikan bisa diterima dengan baik.

Kurikulum Sekolah

Hal keempat yang perlu diperhatikan adalah kurikulum sekolah. Dengan memperhatikan kurikulum sekolah, orang tua bisa memilih sekolah mana yang cocok untuk Si Kecil.

Sekolah PAUD atau TK yang bercirikan islami bisa Anda manfaatkan untuk Si Kecil yang senang dengan hafalan alquran. Anda juga bisa pilih sekolah umum yang menggunakan metode dua bahasa (bilingual) dan full bahasa Indonesia dan Inggris.

Biaya Sekolah

Hal kelima yang diperhatikan yaitu biaya sekolah. Jauh-jauh hari sebelum anak masuk sekolah, orang tua pasti sudah mempersiapkan biaya yang dibutuhkan. Memilih sekolah anak dengan kualitas bagus dan fasilitas lengkap tentu menghabiskan biaya yang besar.

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita mesti memperkirakan pengeluaran yang akan ditanggung untuk Si Kecil bersekolah. Aturlah keuangan dana pendidikan untuk Si Kecil agar tidak salah perhitungan, ya. Mengingat masih ada kakaknya yang akan bersekolah.

Pastikan Si Kecil Nyaman

Hal keenam adalah nyaman. Pastikan anak Anda nyaman berada di lingkungan sekolah tersebut. Bertanyalah pada buah hati Anda terlebih dahulu. Apakah iya mau bersekolah di sana. Jangan terlalu memaksakan jika Si Kecil tidak merasa nyaman.

Survei Langsung

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah survei langsung. Tidak nikmat rasanya jika kita tidak langsung melihat atau berkunjung ke sekolah tersebut daripada hanya memandangi foto-foto yang berada di laman situs resmi sekolah.

Disamping mengetahui bentuk fisik sekolah, Anda juga dapat mengukur jarak rumah ke sekolah, fasilitas sekolah, berkomunikasi langsung dengan pendidik dan keamanan sekolah tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah 7 tips yang harus diperhatikan dalam memilih sekolah untuk Si Kecil. Setiap orang tua berhak menentukan pilihan pandidikan dini bagi buah hatinya. Dengan mempertimbangkan 7 hal tersebut, Si Kecil dapat menikmati pendidikan masa dininya dengan nyaman dan melahirkan generasi gemilang berakhlak mulia.

Fide Baraguma
Fide Baraguma Ibu dari dua jagoan hebat yang mengabdi diperbatasan Sumatera Barat dan Jambi

Posting Komentar untuk "Orang Tua, Simak 7 Tips Memilih Sekolah untuk Si Kecil"