7 Momen Berharga di Hari Guru Nasional sebagai Bentuk Apresiasi Peserta Didik


Momen Berharga di Hari Guru-Dua puluh lima November menjadi momen bersejarah bagi dunia pendidikan di Indonesia. Pasalnya pada tanggal itulah guru-guru di Indonesia merayakan hari jadinya.

Sejarah Hari Guru Nasional

Sejarah Hari Guru Nasional tidak lepas dari peran serta Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang dulunya bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Merasa tidak puas dengan aktivitas yang dilakukan, sekelompok organisasi dan guru-guru mulai bersatu untuk Negara Republik Indonesia.

Dari sinilah, pada tanggal 25 November 1945, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan. Dari sejarah Hari Guru Nasional yang sudah dilalui oleh Persatuan Guru Republik Indonesia, pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November yang ditandai sebagai Hari Guru Nasional.

Apa Maksud dan Makna Hari Guru?

Selain untuk mengenang kebaikan guru merupakan perayaan untuk menghormati dan menghargai jasa guru. Berbagai bentuk dan apresiasi disugukan kepada guru tercinta.

Bagi peserta didik, perayaan hari guru merupakan hari spesial bagi mereka. Dimana mereka sudah membuat suatu rencana apa yang bisa diberikan untuk gurunya. Potret-potret inilah nantinya yang akan dibuka kembali pada album kenangan.

Bentuk Apresiasi untuk Guru

Momen penting Hari Guru Nasional 25 November 2021 diperingati sebagai bentuk apresiasi tertinggi untuk seluruh guru dipenjuru negeri. Untuk memperingatinya bisa dilakukan dengan berbagai upaya. Berikut rangkain yang bisa dilakukan dalam merayakannya.

Memberikan Kartu Ucapan

Kartu ucapan merupakan hadiah sederhana namun terkesan mewah. Ditulisan inilah pesan-pesan dan harapan yang diinginkan oleh peserta didik bisa diungkapkan. Suatu rangkai kata khusus yang ditujukan untuk guru yang telah hadir dan memberikan dedikasi tertinggi mencerdaskan kehidupan.

Ini terdengar agak sedikit klise namun penuh makna. Bagi guru yang mendapatkannya merupakan suatu refleksi bagi dirinya untuk berbuat lebih baik lagi.

Memberikan Bunga

Bunga merupakan ungkapan sayang seseorang kepada orang  yang disayang. Begitu juga peserta didik kepada gurunya. Mereka memberikan setangkai bunga sebagai ungkapan terima kasihnya atas apa yang telah didapatkan dari gurunya.

Menghadiahkan Bingkisan

Seperti perayaan pada umumnya bingkisan atau kado adalah bentuk penghargaan kepada seseorang. Nah, pada hari guru ini banyak juga para peserta didik memberikan kado atau bingkisan kepada gurunya. Tak perlu kado yang mewah yang penting isinya sudah menggambarkan kecintaan kepada gurunya.

Buket cantik

Memberikan Buket

Buket atau karangan bunga sudah menjadi salah satu hadiah yang diberikan kepada orang yang dituju. Sekarang buket tak hanya berbentuk karangan bunga. Banyak variasi baru yang diciptakan, seperti buket snack, buket uang, buket buah, buket boneka, buket peralatan kecantikan dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan orang yang akan diberikan buket.

Nah, pada perayaaan hari guru nasional peserta didik memberikan buket bunga, buket snack, dan buket sabun cuci dan sampo. Ini disesuikan juga dengan kantong mereka. Ada yang sifatnya pribadi bahkan patungan.

Bersama siswa tersayang

Memberikan Kue

Merayakan hari jadi tak lengkap dengan kehadiran kue tar. Masing-masing kelas menyugukan sebuah kue tar yang mereka hadiahkan untuk guru tercinta. Ritual ini setiap tahun dilakukan atas bentuk ungkapan mereka kepada guru.

Mengadakan Pentas Seni

Berperan dalam sebuah drama merupakan kenangan terindah yang akan dikenang pada masanya kelak. Apalagi pertunjukan ini disugukan dalam acara hari guru nasional. Momen yang paling berkesan di hari guru.

Menuliskan Puisi

Memberikan hadiah sebuah puisi terkesan mewah dan patut untuk dikenang. Rangkaian kata-kata indah tertulis jelas pada sebuah kertas hasil tulisan tangan para anak didik.

Demikianlah 7 momen berharga di hari guru sebagai bentuk apresiasi peserta didik. Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang patut diberikan apresiasi atas ilmu dan didikannya kepada peserta didik. Hal yang diberikan tidak mestilah mahal yang paling penting pemberian disugukan dengan ikhlas. Itu akan lebih jauh maknanya dan tetap dikenang sepanjang masa. Terima kasih guru.

Fide Baraguma
Fide Baraguma Ibu dari dua jagoan hebat yang mengabdi diperbatasan Sumatera Barat dan Jambi

Posting Komentar untuk "7 Momen Berharga di Hari Guru Nasional sebagai Bentuk Apresiasi Peserta Didik"