Kamu Wajib Tahu, 8 Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan



M


anfaat wedang jehe untuk kesehatan – Siapa yang tak kenal dengan wedang jahe. Wedang jahe merupakan salah satu minuman tradisional penghangat badan. Jika musim penghujan tiba, minuman ini banyak dicari orang untuk menghangatkan tubuh.

Sejarah Wedang Jahe

Wedang jahe adalah hidangan minuman sari jahe yang berasal dari Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Wedang adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti minuman panas. Minuman ini disajikan selagi hangat. Wedang jahe dapat dicampur dengan rempah-rempah lainnya, seperti daun pandan, sereh, cengkeh, dan kayu manis.  Dapat juga ditambahkan madu ataupun susu kental manis. Ini akan menambah cita rasa wedang jahe.

Asal Usul Jahe

Jahe yang dikenal dengan nama latin (Zingiber officinale). Tumbuhan rimpang yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan baku pengobatan tradisional. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas yang dirasakan dari jahe disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron.

Jahe masuk dalam anggota Zingiberaceae. Dengan kata lain, jahe masih berkerabat dengan tanaman herbal lain, seperti kencur, kunyit, dan lengkuas. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara yang merupakan salah satu rempah-rempah yang paling sehat di dunia.

Manfaat Wedang Jahe

Pertanyaanya, apa sih manfaat wedang jahe? Simak ulasannya agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar!

Menghangatkan badan

Wedang jahe menjadi minuman yang kerap dicari saat musim hujan atau saat berada di tempat yang dingin. Wedang jahe telah dikenal ampuh untuk menghangatkan badan. Jika kamu terkena hujan diperjalanan, wedang jahelah minumannya.

Dengan mengonsumsi wedang jahe dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat. Hal ini tentu membuat tubuh merasa lebih hangat dan bugar.

Obat Pereda Nyeri Haid

Kamu yang lagi sakit perut karena haid? Cobalah minum ramuan ini. Wedang jahe dipercaya dapat membantu meredakan rasa nyeri saat haid. Wedang jahe dinilai tidak kalah dari obat antinyeri untuk mengatasi nyeri haid. Minuman ini memberi efek menenangkan dari nyeri.

Mengatasi Peradangan

Manfaat wedang jahe yang kedua adalah mengatasi peradangan nyeri sendi dan otot. Hal ini karena jahe memiliki sifat antiradang yang berguna untuk meredakan nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot.

Mengatasi Mual

Bagi kamu yang masih merasakan mual saat dikendaraan, wedang jahe mampu mengatasinya. Manfaat jahe ini sama seperti nyeri haid yang sifatnya menenangkan. Caranya cukup mudah. Minumlah 1 gelas wedang jahe sebelum berkendaraan.

Menjaga Berat Badan

Memiliki tubuh idel adalah dambaan setiap insan. Jahe mampu menurunkan berat badan. Cobalah untuk mengonsumsi wedang jahe. Wedang jahe dipercaya dapat mempercepat peluruhan lemak dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Jika kamu tidak ingin merebusnya, cukup seduh irisan jahe dengan air panas. Diamkan 5 menit, minum selagi hangat. Tetapi apabila berat badanmu sudah ideal, kamu juga dapat mengonsumsi wedang jahe untuk menjaga berat badan tetap ideal. Konsumsi secukupnya untuk menjaga kesehatan dan menjaga berat badan ideamu.

Menghidrasi tubuh

Sistem di dalam tubuh memerlukan air untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Mengonsumsi wedang jahe satu kali sehari dinilai dapat membantu menghidrasi tubuh.

Oleh sebab itu, konsumsilah wedang jahe secara rutin satu kali sehari. Selain itu, konsumsilah air putih secara cukup agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Menurunkan Kolesterol

Selain mengurangi risiko terserang penyakit jantung, mengonsumsi wedang jahe juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Tak hanya itu, penghangat badan ini juga mampu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah hingga meredakan nyeri ulu hati.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kamu memiliki masalah dengan pencernaan? Ini salah satu manfaat jika kamu mengonsumsi minuman herbal yang satu ini. Gangguan di pencernaan umumnya terjadi akibat bakteri jahat yang masuk, sehingga konsumsi jahe cocok sebagai antitesis.

Dengan mengonsumsi wedang jahe, rasa hangat yang dihasilkan membuat sistem pencernaan lebih rileks. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi minuman ini.

Cara Membuat Wedang Jahe

Bahan-bahan

  • 1 ruas jahe digeprek
  • 1 batang serai memarkan
  • Gula aren secukupnya
  • 1 batang kayu manis (7-10 cm)
  • 1 liter air

Langkah-langkah

  • Siapkan wadah untuk merebus bahan minuman.
  • Masukkan air ke wadah lalu panaskan dengan api sedang.
  • Tambahkan jahe, serai, gula aren dan kayu manis ke dalam air.
  • Rebus hingga mendidih sampai aroma tercium wangi.
  • Kemudian aduk sebentar lalu angkat.
  • Saring air wedang dan masukkan ke gelas saji.
  • Nikmati selagi hangat.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Meski memiliki segudang manfaat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengonsumsi wedang jahe secara rutin. Sebab, ada beberapa orang yang sebaiknya menghindari konsumsi tanaman ini terlalu banyak. Kamu dapat bertanya langsung pada ahli medis terkait hal ini agar lebih pasti.

Kesimpulan

Menikmati wedang jahe di kala musim hujan memang menghangatkan badan. Berjuta manfaat didapatkan dari tanaman rimpang ini. Sekarang jahe sudah dibudidayakan sebagai olahan camilan, seperti manisan jahe, bolu jahe, dan puding jahe. Namun, jika kamu ingin mengonsumsi wedang jahe secara rutin, konsultasikan dulu pada ahlinya untuk menghindari dampak buruk bagi kesehatanmu. Selamat mencoba.. 😊

Fide Baraguma
Fide Baraguma Ibu dari dua jagoan hebat yang mengabdi diperbatasan Sumatera Barat dan Jambi

Posting Komentar untuk "Kamu Wajib Tahu, 8 Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan"