10 Cara Memilih Jajanan Sehat Di Kantin Sekolah

Cara Memilih Jajanan Sehat – Pada masa pandemi ini kamu harus selektif lagi dalam memilih jajanan saat berada di sekolah. Terkadang, semua jajanan di sekolah terlihat enak! Eh, tapi tunggu dulu. Tidak semua jajanan yang terlihat enak itu baik untuk tubuhmu. Kamu harus pintar memilih jajanan, agar tubuh selalu sehat. Jangan sampai salah memilih ya, apalagi bisa mengakibatkan sakit perut.

Memilih jajanan sehat juga merupakan kebutuhanmu. Apalagi jika kamu bersekolah dari pagi sampai sore. Tidak cukup hanya makan besar, kamu juga butuh camilan untuk memenuhi kebutuhan kalori. Sayangnya, tidak semua jajanan terjamin kebersihan dan keamanannya.

Oleh sebab itu, kamu mesti pintar dalam memilih makanan saat bel istirahat berbunyi. Perhatikan kebersihan, higienis makanannya, dan keamanannya saat makanan itu masuk ke dalam tubuh sebagai ganti energi yang terkuras ketika belajar.


Cara Memilih Jajanan Sehat di Kantin Sekolah

Membeli di Tempat yang Bersih

Pertama, perhatikan kebersihan kantin. Pastikan jajanan yang kamu beli berasal dari tempat yang bersih. Sebaiknya kamu jangan membeli di pinggir jalan, karena sudah pasti akan terkena banyak debu atau dihinggapi lalat. Pilihlah jajanan yang di jual di dalam ruangan seperti kantin sekolah.

Menghindari warna yang mecolok

Kamu suka melihat makanan dengan warna-warna yang cerah dan mencolok bukan? Nah, sebelum kamu membelinya, teliti terlebih dahulu. Namun, hal itu sebaiknya dihindari, karena biasanya jajanan berwarna mencolok mengandung zat pewarna berbahaya atau penggunaan takaran berlebih yang l membuat warna pada makanan mencolok.

Menghindari yang Berasa Tajam

Makanan dengan rasa yang terlalu tajam tidaklah baik untukmu. Hal ini disebabkan oleh penggunaan tambahan bahan penyedap rasa pada makanan. Apakah itu, penyedap dengan rasa manis maupun asin. 

Memperhatikan Bungkus Makanan

Kamu juga perlu memperhatikan pembungkus makanan yang berasal dari koran karena bahan tersebut rentan sekali terkontaminasi dengan virus dan juga bakteri. Jika makanan yang kamu beli masih panas, sebaiknya jangan menggunakan pembungkus dari kertas plastik, dan koran. Ini akan menyebabkan makanan panas menyerap tinta dari koran bekas yang membahayakan kesehatan.

Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Kamu diberi uang jajan pas-pasan oleh orang tuamu. Itu salah satu alasanmu untuk berbelanja dengan harga murah. Namun, harga yang murah belum tentu sehat. Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Pastikan dulu jajanannya aman buat kesehatan.

Memilih bahan alami

Makanan yang digoreng dan dibakar memang menggiurkan. Ada baiknya kamu memilih jajanan yang sedikit melewati proses tersebut. Daripada membeli bakso bakar, lebih baik memilih buah segar atau rujak, bukan? Buah memiliki kandungan gizi dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Memilih Jajanan yang Ditutup Rapat

Makanan yang ditutup rapat akan lebih terjaga daripada dibiarkan terbuka. Kamu sebaiknya menghindari membeli jajanan yang dijual di tempat terbuka serta tidak terlindungi oleh penutup. Jajanan tanpa penutup dapat berpotensi terkontaminasi oleh asap kendaraan bermotor, debu, dan juga lalat yang hinggap di atasnya.

Memperhatikan Kebersihan Penjual

Selain memperhatikan kebersihan kantin, kamu juga harus memperhatikan kebersihan penjualnya. Jika penjualnya bersih, ini mencerminkan makanan yang akan disajikan kepada pembeli. Semakin bersih tempat jualannya maka semakin layak jajanan tersebut untuk disantap.

Membawa Alat Makan Sendiri

Membawa alat makan sendiri ini sangat penting untuk dilakukan. Jika kamu makan makanan berkuah seperti bakso, sebaiknya membawa tempat makan, dan sedok dari rumah. Hal ini untuk menghindari ketidakbersihan si penjual dalam mencuci peralatan makan.

Membawa Bekal

Membawa bekal merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Orang tuami pasti tahu makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh buah hatinya. Kamu bisa membawa bekal yang bervariasi. Dan juga bisa memadukannya dengan jajanan yang ada di kantin sekolah.

Kesimpulan

Itulah 10 Cara Memilih Jajanan Sehat di Kantin Sekolah. Kamu diharapkan lebih teliti dan jeli lagi saat memilih makanan sehat. Jangan tergiur dengan warnanya serta harganya yang murah. Atau dengan porsi makanan yang banyak tetapi tidak menyehatkan. Ingat, jangan memilih makanan cepat saji yang akan membuat perutmu sakit ya!

Fide Baraguma
Fide Baraguma Ibu dari dua jagoan hebat yang mengabdi diperbatasan Sumatera Barat dan Jambi

Posting Komentar untuk "10 Cara Memilih Jajanan Sehat Di Kantin Sekolah"