Capai 4 Manfaat Berkemah Bersama SehatQ

Manfaat Berkemah – Apa saja family time yang dilakukan saat musim libur tiba? Mungkin banyak cara yang dilakukan oleh keluarga agar family time jadi berkesan dan bermakna. Selain itu sayang rasanya jika waktu kebersamaan dengan keluarga tidak memiliki manfaat bukan?

Salah satu kegiatan kaya manfaat yang bisa dicoba ketika sedang family time adalah berkemah atau camping. Selain mudah, murah dan asik. Berkemah juga memberikan sensasi luar biasa bagi keluarga. Lalu apa saja manfaat berkemah?


Manfaat Berkemah

Seperti yang saya congkel di atas. Berkemah memiliki banyak manfaat untuk menambah kehangatan di keluarga. Terutama bagi anak-anak yang diajak berkemah. Apa saja manfaat berkemah bagi anak?

Pengalaman Baru

Berkemah atau camping akan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan terutama bagi anak-anak. Apalagi untuk anak-anak yang selama ini tinggal diperkotaan dan sudah terbiasa dimanja teknologi di dalam rumah.

Kegiatan berkemah bisa menjadi penyeimbang kebiasaan tersebut. Penyeimbangan dilakukan agar anak tidak terkontaminasi oleh pengaruh buruk kehidupan di perkotaan dan teknologi.

Berkenalan dan Bersahabat dengan Alam

Jika selama ini sibuk dengan dunianya sendiri. Maka manfaat berkemah bagi anak lainnya adalah membuat sang anak bisa berkenalan dan bersahabat dengan alam.

Bagaimanapun, alam akan tetap jadi sahabat anak dalam kondisi apapun. Mungkin mandi di sungai, membuat api unggun bisa mendekatkan anak dengan alam.

Tempat Belajar Ilmu Alam

Berkemah otomatis membuat anak-anak harus berada di alam bebas untuk beberapa hari. Hal ini dapat dimanfaatkan sedemikian rupa untuk belajar ilmu alam yang didapatkan di sekolah.

Anak bisa mengenal bintang di alam terbuka saat langit cerah, atau memahami bentuk dedaunan, hewan dan lainnya sebagai bentuk penerapan ilmu pengetahuan alam yang mereka terima di sekolah. Menarik bukan?

Memancing Keaktifan Anak

Jika anak memiliki tingkat keaktifan yang kurang. Maka berkemah jadi solusi jitu untuk menumbuhkan semangat anak. Berkemah dapat membuat anak yang kurang aktif menjadi aktif dengan segala kegiatan positif yang bisa dilakukan saat berkemah.

Anda bisa memancing anak dengan meminta mereka membantu Anda dalam mendirikan tenda camping, mempersiapkan lokasi dan lain sebagainya.

Persiapan Berkemah

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum berkemah. Meski berkemah dilakukan di dalam lingkungan rumah sendiri. Apa saja persiapan berkemah yang harus dilakukan?

Tenda Camping

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum berkemah tentunya adalah tenda camping bukan? Siapkan tenda camping yang layak guna dengan memeriksa kembali kondisi tenda camping yang dimiliki.

Apakah tenda camping tersebut masih bisa digunakan atau tidak. Jika tidak, Anda bisa melihat review tenda camping terbaik di SehatQ sebagai pertimbangan sebelum membeli tenda camping yang baru.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memilih salah satu dari banyak jenis dan merek tenda camping yang yang direkomendasikan oleh SehatQ. Memperhatikan jenis, merek dan kapasitas tenda camping yang ingin dibeli bisa menghemat waktu dan budget camping secara signifikan.

Mark Posisi Berkemah

Yaps! Menandai posisi berkemah adalah persiapan berkemah lainnya yang harus dilakukan. Jika Anda berkemah dengan keluarga dan anak. Memilih dan menandai posisi tenda camping sangatlah penting.

Pilihlah posisi tempat untuk mendirikan tenda camping dengan kondisi datar, landai dan bebas genangan air. Jika Anda camping di pekarangan rumah, cek dan ricek kembali posisi pendirian tenda camping Anda.

Pilih Warna Cerah untuk Tenda Camping

Ini penting! Memilih warna yang cerah untuk tenda camping bukan karena tidak beralasan. Jika kemah yang Anda lakukan berada di alam bebas maka warna tenda camping yang cerah dan mencolok membantu Anda untuk mudah dikenali. Ini juga berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan jika Anda camping di sekitar pekarangan rumah. Warna tenda camping yang cerah dapat menyemarakkan suasana dan menghidupkan kehangatan acara berkemah yang dilakukan.

Menghadap ke Arah Barat

Terdengar klise? Tapi ini sangat penting. Jika Anda berkemah dengan keluarga dan anak di alam terbuka. Menghadapkan tenda camping ke arah matahari terbenam adalah pilihan yang tepat.

Tujuan camping akan tercapai saat Anda melihat matahari terbenam bersama keluarga. Keindahan akan tersuguhkan tepat di depan tenda camping yang didirikan. Inilah kenapa harus mendirikan tenda camping menghadap ke arah barat. Agar Anda, keluarga dan anak-anak bisa benar-benar menikmati kemah yang mereka ikuti.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat berkemah dan beberapa persiapan camping dengan keluarga yang harus Anda perhatikan. Memperhatikan hal-hal di atas membuat tujuan, persiapan dan suasana camping bersama anak dan keluarga menjadi semakin bermakna.

Tujuan family time yang ingin Anda sasar akan terpenuhi jika pesiapan kemah termasuk memilih tenda camping yang cocok dilakukan dengan bijak. Nah, sudah siap untuk berkemah?

Fide Baraguma
Fide Baraguma Ibu dari dua jagoan hebat yang mengabdi diperbatasan Sumatera Barat dan Jambi

Posting Komentar untuk "Capai 4 Manfaat Berkemah Bersama SehatQ"