Inilah Ide Pengolahan Sampah Plastik agar Makin Bermanfaat bagi Lingkungan


Sudahkah Anda mengamati ada banyak sampah plastik di sekitar kita? Pengolahan sampah plastik sangat penting, agar lingkungan lebih elok dan terjaga kebersihannya. Botol, tas, dan bahan-bahan lain berbahan plastik bisa diolah ulang menjadi barang yang apik dan bernilai ekonomi tinggi. Sudah menjaga lingkungan, Anda mendapat penghasilan tambahan.

Bagaimana Cara Pengolahan Sampah Plastik? Simak Idenya

Jika ada botol bekas yang bertumpuk di rumah, jangan bingung dulu. Berikut ini beberapa cara untuk mengolah sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan sekitar:

Dijadikan Pot Bunga Gantung (Vertical Garden)

Cara paling mudah dalam pengolahan sampah plastik adalah dijadikan pot bunga. Jika ada botol air mineral bekas, jangan dilempar ke tempat sampah. Namun lubangi salah satu sisinya dan beri tali untuk menggantungkannya di vertical garden.

Sebelum digantung, tentu pot ini sudah diisi dengan campuran air plus pupuk, dan masukkan tunas tanaman di sana.
Vertical garden bisa dengan mudah dibuat dari potongan bambu atau kayu yang dijadikan semacam pagar, untuk tempat menggantungkan pot bunga dari plastik air mineral tersebut.

Keunggulan dari teman gantung ini adalah hemat tempat dan memperindah lingkungan. Juga memanfaatkan kembali botol plastik bekas, agar kebersihan terjaga.

Wadah Pensil dan Bolpen

Untuk pengolahan sampah plastik yang mudah, bisa dengan memotong sebagian kecil botol bekas air mineral (di bagian atasnya). Lalu dirapikan agas bekas potongannya tidak terlalu tajam (takut malah melukai jari).

Setelah itu dihias dengan cat minyak agar lebih menarik. Wadah pensil, bolpen, dan alat tulis lain sudah siap untuk menghias meja belajar ananda atau meja kerja Anda.

Hiasan Gantung

Rumah Anda sepi dari dekorasi? Tak usah membeli pernak-pernik mahal, tetapi cukup cari botol air mineral bekas. Potong jadi 2 lalu dihias sehingga membentuk kuda atau binatang lain.

Agar tampak bagus, selain dicat juga bisa dilapisi kertas warna-warni. Rumah jadi tampak apik dan unik berkat hiasan dari botol bekas tersebut.
Hiasan gantung dari botol plastik bekas juga bisa dipasang di pagar sebagai dekorasi sekaligus penanda.

Keadaan rumah akan terlihat unik dan lain daripada yang lain, sehingga tampak unik dan dikagumi oleh banyak orang yang melintas. Mempercantik hunian tak perlu biaya banyak, bukan? Kreasikan saja botol plastik bekas yang bisa dengan mudah Anda dapatkan.

Dijadikan Celengan Koin

Celengan koin adalah cara pengolahan sampah plastik yang cukup mudah, karena Anda tinggal melubangi sedikit di salah satu sisi botol plastik bekas. Jadilah celengan koin yang sangat sederhana dan jika uang receh itu dikumpulkan, hasilnya lumayan. Untuk memperhias celengan, maka Anda bisa mengecatnya dengan warna favorit atau dilapisi kertas berwarna dan direkatkan dengan lem tembak.

Kembang Hias

Ketika Anda memiliki cukup waktu untuk membuat pernak-pernik dari botol bekas, maka buatlah kembang hias. Caranya, ambil sebuah botol plastik air mineral yang sudah tidak terpakai, lalu potong jadi 2 bagian.

Setelah itu, potong plastik menjadi beberapa bagian tapi tidak sampai terputus pada bagian dasar botol, lalu rapikan hingga membentuk seperti bunga. Kembang hias bisa dicat sesuai dengan selera sehingga tampak makin cantik.

Wadah Makanan Kucing

Jika Anda punya kucing peliharaan (anggora, persia, atau kucing kampung) di rumah, maka botol bekas air mineral bisa dijadikan wadah makanan mereka.

Caranya sangat sederhana, lubangi salah satu sisinya dan masukkan dry food. Para kucing akan senang karena disediakan makanan kesukaannya di dalam wadah khusus.

Program Pengolahan Sampah Plastik dari Bijak Berplastik AQUA
Banyaknya botol plastik menjadi fenomena baru di Indonesia. Untuk mengurangi jumlah sampah plastik, maka bisa dengan cara 3R, alias reduce, reuse, recycle.

Reduce adalah mengurangi volume plastik dengan cara membeli kemasan yang lebih besar (misalnya galon, bukan botol). Sedangkan reuse adalah menggunakan kembali dan recycle adalah mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna, misalnya pot bunga.

AQUA sebagai produsen air mineral memiliki program pengolahan sampah plastik yakni #BijakBerplastik atau BIBER. Program ini dimulai tahun 2018 dan awalnya dilakukan saat Hari Lingkungan Hidup.

Bijak Berplastik Aqua
Aqua #BijakBerplastik

Bijak Berplastik adalah edukasi untuk melakukan daur ulang pada sampah plastik, dan diadakan di 20 wilayah pada tahun 2020 lalu. Kampanye ini dilakukan secara nasional agar makin banyak mendapatkan perhatian dari khalayak ramai.

BIBER atau #BijakBerplastik juga mengumpulkan sampah plastik agar tidak makin menumpuk dan mengotori lingkungan di Indonesia. Tujuannya agar lebih banyak dari volume yang telah digunakan tahun 2025. Dengan mengumpulkan sampah plastik menjadikan lingkungan di Indonesia lebih bersih, teratur, dan tidak nampak kumuh akibat banyaknya botol bekas di mana-mana.

Untuk mensukseskan program Bijak Berplastik, maka kemasan plastik AQUA dapat di-recycle 100%. Mulai dari botol air mineral kemasan mini, gelas plastik, hingga galon, semua bisa didaur ulang. Konsep ini sangat bagus karena tidak mengotori lingkungan dan mampu memanfaatkan kembali kemasan air menjadi sesuatu yang berguna bagi masyarakat.

AQUA berkomitmen untuk mensukseskan program Bijak Berplastik untuk pengolahan sampah plastik serta bertanggung jawab dalam keelokan lingkungan. Jika ada pengolahan botol dan galon plastik, maka tidak ada lagi cerita menumpuknya sampah yang mengganggu pemandangan. Anda juga bisa turut berpartisipasi dengan mengumpulkan sampah plastik dan turut menjaga lingkungan.

Sumber artikel:

  1. https://www.thebetterindia.com/58509/reuse-plastic-bottles-reduce-pollution-waste/
  2. https://www.budgetdumpster.com/blog/diy-plastic-bottles-recycling/
Fide Baraguma
Fide Baraguma Ibu dari dua jagoan hebat yang mengabdi diperbatasan Sumatera Barat dan Jambi

Posting Komentar untuk "Inilah Ide Pengolahan Sampah Plastik agar Makin Bermanfaat bagi Lingkungan"