Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teks Laporan Percobaan 1

Pertemuan 1

Pengertian Laporan Percobaan


Apa itu laporan percobaan?
Laporan percobaan adalah informasi-informasi khusus tentang percobaan yang telah dilakukan.

Apa itu teks laporan percobaan?
Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi informasi tentang hasil pengamatan dan penelitian.

Ciri-ciri Teks Laporan Percobaan

  1. Teks laporan percobaan disusun berdasarkan hasil penelitian, pengamatan, atau penelitian disertai pemecahannya.
  2. Pembahasan masalah teks laporan percobaan dikemukakan secara objektif sesuai fakta dan kebenarannya dapat diuji.
  3. Teks laporan disusun berdasarkan struktur isi teks yang runtut.
  4. Teks laporan menggunakan bahasa ilmiah baku, jelas, komunikatif, dan logis
  5. Teks laporan dibuat menarik dan interaktif
  6. Teks laporan percobaan menuntaskan masalah-masalah secara lengkap.

Teks laporan percobaan disajikan dalam bentuk laporan, deskripsi, atau eksplanasi. Teks tersebut memiliki kemiripan, tetapi jika diperhatikan ketiganya memiliki perbedaaan. Teks laporan percobaan disajikan seperti karya ilmiah. Teks deskripsi disajikan dengan penggambaran objek secara terperinci seolah-olah membaca mendengar, melihat dan merasakan objek yang digambarkan. Sementara itu, teks eksplanasi disajikan dengan teks yang menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena alam atau sosial. 

Nah, sudah tahukan perbedaannya. 

Bacalah teks di bawah ini!

 NoJenis Teks 
 1Sepedaku termasuk sepeda ontel-jengki yang tidak memiliki batangan, besi yang berbetuk pipa yang menghubungkan setang dan tempat duduk. Tempat duduknya terbuat dari kulit warnanya hitam tapi sudah memudar. Ban depan sepedaku memiliki garis putih yang jarang ditemukan untuk ban sepeda. Ukuran ban sekitar 18 inci. Rem tangan dan belakang terbuat dari besi bukan kabel. Bel sepeda khas berbunyi kring-kring terletak di setang kanan. Sepeda ini ku pakai ke sekolah. Teman-temanku berkelakar bahwa aku seperti naik onta, badanku kecil tidak cocok dengan sepeda yang besar. Saya mengayuh, kakiku yang pendek sepenuhnya tidak dapat mengikuti kayuhan. Kakiku menggantung di atas pedal bagian bawah. 
 2Fix gear adalah gir (gigi) kaku yang menggerakkan sebuah sepeda (ataupun kendaraan lain) dan merupakan bagian yang disebut  drivetrain. Divertraine merupakan gabungan komponen yang saling terhubung dan merupakan sistem penggerak sepeda terdiri atas pedal, lengan engkol (cangkram), gir depan (chainring), gir belakang (cog), dan tentu rantai. Gabungan komponen dibagian pedal yaitu pedal, lengan engkol dan gir depan. Rantai akan melingkari gir depan dan mengikatnya dengan gir belakang. dan terhubung dengan roda belakang. Ketika pedal diinjak, lengan engkol akan mengikutinya, memutar gir depan yang tertempel. Kemudian menarik rantai yangn juga otomatis megnajak gir berlakang untuk berputar. Karena gir menempel pada roda belakang, berputarlah roda itu dan meluncur.  
 3Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga yang mempunyai setang dan tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan. kaki untuk menjalankannya. Salah satu jenis sepeda yang banyak digunakan hingga tahun 1970-an adalah jenis ontel. Sepeda ontel memiliki ciri posisi dudk tegak, reputasi sangat kuat, dan bermutu tinggi. Rumah rantai tertutup. Dengan gigi yang tidak bisa diubah dan biasanya terdapat dinamo di bagian roda depan untuk menyalakan lampu. Sepeda ontel juga dilengkapi rem drum pengereman berbagai merek sepeda ontel dari berbagai negara beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium, misalnya merek Fongers, Gazelle, dan Sunbeam. Kemudian, para segmen di bawahnya diisi oleh bebrapa merek terkenal seperti Simpleks, Bungers, Releigh, Humber, Rudge, Batavus, Philips, dan NSU.  

Soal
  1. Dapatkah kamu melihat ketiga perbedaan teks tersebut?
  2. Manakah teks yang termasuk laporan percobaan?
  3. Manakah teks yang termasuk eksplanasi?
  4. Manakah teks yang termasuk deskripsi?

Post a Comment for "Teks Laporan Percobaan 1"

Berlangganan via Email