Alasan, Manfaat, dan Solusi Untuk Tidak Makan Nasi

Setelah sukses menjalan diet sehat ala Dewi Hughes yang telah saya paparkan sebelumnya, maka saya ditantang oleh rekan sejawat saya untuk mengulik alasan mengapa saya berhenti makan nasi dan bagaimana solusinya untuk tidak makan nasi.

Tantangan teman-teman membuat saya tergelitik untuk mengulas balik. Saya akan mencoba menjawabnya pada artikel yang proses pembuatannya penuh perjuangan. Di sinilah saya belajar menemukan arti sebuah usaha yang membutuhkan kesabaran dan pada akhirnya membuahkan.

Kembali pada topik semula. Tidak makan nasi adalah menjadi pilihan saya dalam menjalani pola hidup sehat. Hal ini saya lakukan karena banyak sekali manfaat yang sudah saya dapatkan. Baca : Sehat dulu, cantik dan langsing itu bonus

Alasan Tidak Makan Nasi

Nasi putih adalah makanan pokok orang Indonesia dan Asia. Banyak orang Indonesia yang berasumsi bahwa mereka akan susah kenyang jika tidak makan nasi.

Konsep itu tertanam pada diri mereka yang menganggap jika tidak makan nasi tidak kenyang. Menurut saya pemikiran seperti itu salah, karena sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa kita dapatkan pada makanan lain.

Makan nasi secara berlebihan akan membuat tubuh Anda cepat mengantuk dan mudah lapar. Terkadang saya geleng-geleng kepala melihat sikap kawan yang menumpuk makan setinggi gunung di atas piringnya.

Alasan saya untuk meninggalkan nasi adalah sehat. Sehat menjadi tujuan utama. Saya dapat mengganti nasi dengan ubi, kentang, singkong, sayur-sayuran, protein dan buah-buahan.

Jenis makan tersebut sudah membantu saya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Perut kenyang dengan cara sehat. Selain itu, tubuh akan terhindar dari penyakit.

Itulah alasan mengapa saya berhenti makan nasi. Lalu manfaat apa saja yang kita dapatkan jika tidak makan nasi? Simak penjelasan berikut!

Manfaat Tidak Makan Nasi

Menurunkan gula dalam darah

Mengurangi konsumsi nasi putih dapat membantu Anda untuk menjaga gula darah agar tetap terkontrol. Sebab terlalu banyak makan nasi putih sendiri mampu menyebabkan gula darah melonjak. Hal ini disebabkan karena nasi sarat karbohidrat yang bisa meningkatkan produksi gula dalam tubuh.

Mencegah sembelit

Masalah sembelit bisa Anda cegah dengan mengurangi makan nasi. Hal ini dikarenakan nasi putih sendiri mengandung sedikit serat. Jadi terlalu banyak makan nasi putih akan membuat Anda sembelit.

Cocok untuk penderita diabetes

Penderita diabetes menghindari nasi putih untuk dikonsumsi. Para ahli kesehatan percaya bahwa nasi putih tinggi akan pati dan karbohidrat yang dapat membahayakan kesehatan penderita diabetes.

Menurunkan berat badan

Mengonsumsi nasi putih akan membuat Anda cepat lapar dibandingkan nasi merah. Ahli kesehatan menyebutkan bahwa kandungan pati di dalam nasi putihlah yang membuat Anda merasakan hal tersebut. Itulah sebabnya mengurangi makan nasi putih akan membuat Anda terhindar dari keinginan untuk makan secara berlebihan.

Jika Anda sudah tahu manfaat tidak makan nasi, maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis makanan pengganti nasi. Berikut pemaparannya!

Beberapa Jenis Makanan Pengganti Nasi

1. Beras Merah

Beras merah adalah alternatif yang jauh lebih sehat daripada beras putih. Beras merah mengandung serat lebih tinggi, merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, kaya vitamin B6, zinc, dan zat besi. Tak cukup sampai di situ, beras merah juga mengandung antioksidan antosianin yang baik untuk kesehatan.

2. Kembang kol dan Brokoli

Kembang kol dan brokoli bisa dijadikan menu alternatif pengganti nasi. Serat di dalam brokoli baik untuk mereka yang sedang berdiet. Menyantap brokoli akan membuat perut cepat kenyang. Anda dapat membuatnya sebagai sup atau dicincang-cincang seperti nasi.

3. Umbi-umbian

Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan pengganti nasi yang saya andalkan. Rasanya yang manis baik untuk penderita diabetes. Asam folat, vitamin B6, kalium, dan vitamin D yang terkandung di dalamnya juga baik untuk kesehatan.

Ubi kuning kaya karotenoid yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Sementara ubi ungu diperkaya antosianin yang berkhasiat antikanker.

Anda dapat mengolahnya dengan cara direbus, dikukus dan dijadikan bahan utama dalam pembuatan kue.

Singkong

Singkong berserat tinggi, kaya magnesium, baik untuk jantung, dan punya khasiat antikanker. Singkong jelas bisa jadi pengganti nasi putih yang ideal. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai masakan.

Sukun

Buah sukun merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Di luar negeri lebih dikebal dengan nama breadftuit. Sukun muda bisa dimakan sebagai sayuran. Konon rasanya seperti artichoke. Sementara sukun yang sudah matang memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan kentang.

Talas

Umbi talas mengandung serat tinggi yang membuatnya baik untuk diet. Selain itu ada kandungan mangan, kalium, kalsium, tembaga, fosfor, magnesium, talas juga mengandung jumlah antidioksidan yang baik, serta vitamin C, B dan E.

Olah talas dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau digoreng. Sesuai selera Anda.

Kentang

Kentang juga memiliki zat tepung dan karbohidrat yang menjadikannya ideal sebagai pengganti nasi. Selain itu kentang juga punya kandungan vitamin C. Kentang bisa diolah menjadi salad, perkedel, skotel, kentang goreng atau masakan lainnya.

4. Buah-buahan

Alpukat

Selain bersumber dari sayuran, makanan pengganti nasi juga bisa dengan buah seperti alpukat. Meski memiliki kandungan karbohidrat yang terbilang tinggi, namun alpukat dilengkapi dengan lemak sehat.

Selain itu, alpukat mengandung serat dan kalium dalam jumlah yang tinggi. Anda tidak perlu khawatir, karbohidrat yang tinggi dari alpukat adalah serat yang dapat dengan mudah dicerna. Dalam 100 gram alpukat terdapat 8,5 gram karbohidrat.

Jagung

Pada tiap butir jagung yang ada, terdapat kandungan banyak vitamin, mineral, serta serat yang bisa menyehatkan tubuh. Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang terkandung dalam jantung bisa membantu menyehatkan jantung. Juga baik untuk pencernaan.

Anda bisa mengolah jagung dengan cara direbus, dikukus, dijadikan campuran tumisan, bubur, sup, atau salad.

5. Protein

Telur

Telur adalah salah satu makanan pengganti nasi paling sehat dan bergizi. Telur sarat dengan berbagai nutrisi dan senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan mata hingga otak. Selain itu, telur sama sekali tidak mengandung karbohidrat.

Daging

Daging sapi bisa membuat Anda kenyang dan sarat dengan nutrisi penting seperti zat besi dan vitamin B12. Daging sapi mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Anda dapat mengolahnya dengan cara dipanggang dan di sup.

Ayam

Ayam mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan sumber protein yang sangat baik. Jika Anda melakukan diet rendah karbohidrat, meningkatkan asupan daging mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Ikan

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang paling populer untuk meningkatkan kesehatan. Salmon mengandung lemak sehat yaitu omega-3 yang berguna untuk menjaga jantung tetap sehat. Selain itu, salmon juga mengandung vitamin B12, yodium, dan vitamin D3 dalam jumlah yang cukup.

Solusi Untuk Tidak Makan Nasi

Mulai dengan perlahan

Butuh kesabaran ekstra untuk memulainya. Semuanya membutuhkan proses panjang agar tubuh bisa menerima perubahan yang tidak biasa. Mulailah dengan mengurangi nasi dengan porsi kecil. Jika Anda biasanya makan nasi dengan tiga sendok nasi, maka kurangilah satu sendok. Lakukakan secara perlahan hingga kondisi tubuh bisa menerimanya. Dengan cara itu, Anda akan terbiasa untuk melakukannya.

Tidak makan nasi sebagai sarapan

Sarapan memang penting, apalagi untuk Anda yang sedang melakukan diet sehat. Namun, menu sarapan pagi perlu Anda perhatikan. Biasanya saya mengganti nasi untuk sarapan dengan menu ubi rebus, jagung rebus dan potongan buah-buahan.
Perbanyak serat

Serat berasal dari sayuran atau buah-buahan. Menu sayuran andalan saya adalah sup jagung. Tambahkan irisan jagung pada sayur seperti, kembang kol, wartel dan buncis ditambah sedikit kacang merah. Lalu kombinasikan dengan ayam panggang.

Menu tersebut akan memberikan energi pada tubuh Anda. Selain sayur, buah menjadi makanan yang kaya akan serat. Potong-potonglah buah seperti: alpukat, apel, dan pir. Ditambah dengan taburan chia seed yang menemani sarapan pagi Anda.

Perbanyak protein

Sumber energi ada tiga, yaitu karbohidrat, lemak dan protein. Sebetulnya ketiga sumber energi ini bisa saling menggantikan. Tapi selama ini kita lebih terbiasa menggunakan nasi sebagai satu-satunya sumber energi. Hal ini mengakibatkan tubuh kita tak terbiasa membakar protein dan lemak sebagai energi. Imbangi dengan berolah raga akan membuat tubuh seimbang.

Perbanyak Minum Air

Air bisa mengurangi konsumsi karbohidrat dalam jangka panjang. Air akan memenuhi lambung kita sehingga bisa mengurangi efek lapar. Cara efektif yang saya lakukan sebelum makan adalah dengan meminum segelas air.

Pilihlah camilan yang mengenyangkan

Buatlah daftar menu harian Anda. Pikirkan menu apa yang akan Anda santap untuk hari ini. Sebagai camilan biasanya saya membuat menu dari olahan ubi, singkong, dan pisang rebus. Ditambah dengan siraman gula merah yang membuat makanan lebih meriah.

Tidak makan nasi pada malam hari

Gantilah menu makan malam Anda dengan mengonsumsi buah. Buah dapat diolah menjadi salad buah atau jus buah. Satu gelas jus buah dengan potongan buah segar sebagai toppingnya sudah cukup untuk membuat perut Anda kenyang tanpa nasi saat malam hari.

Nah, itulah alasan, manfaat, dan solusi yang saya paparkan pada artikel ini untuk tidak makan nasi. Cara ini ampuh bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan yang berlebihan. Jika kondisi tubuh Anda menolak untuk tidak makan nasi, jangan diteruskan ya…

Bagaimana tertarik untuk mencoba? Jika Anda sudah berhasil menerapkannya jangan lupa berbagi cerita pada saya.

Referensi:

  1. https://m.merdeka.com/sehat/4-manfaat-sehat-yang-bisa-kamu-dapatkan-dari-kurangi-makan-nasi.html
  2. https://m.merdeka.com/gaya/15-bahan-makanan-pengganti-nasi-putih.html
  3. https://radarpekalongan.co.id/20955/cara-mengurangi-makan-nasi-dengan-efektif/
  4. https://sajiansedap.grid.id/amp/10993262/tips-sukses-diet-nasi-begini-caranya-mengatasi-lapar-karena-tak-makan-nasi-dengan-cara-mudah?page=8
Fide Baraguma
Fide Baraguma Ibu dari dua jagoan hebat yang mengabdi diperbatasan Sumatera Barat dan Jambi

Posting Komentar untuk "Alasan, Manfaat, dan Solusi Untuk Tidak Makan Nasi"